DAFTAR ISI
Daftar Isi................................................................................................................... 1
BAB I Pendahuluan............................................................................................... 2
1. Latar Belakang............................................................................................ 2
2. Rumusan Masalah.................................................................................... 2
BAB II Pembahasan.............................................................................................. 3
1. Pengertian Game Online.......................................................................... 3
2. Sejarah Dan Perkembangan Game Online.......................................... 3
3. Perkembangan Games Online Di Indonesia........................................ 4
4. Tipe Games Online.................................................................................... 6
a. Bedasarkan teknologi grapis.............................................................. 6
b. Bedasarkan cara pembayarannya.................................................... 7
5. Dampak Baik Dan Buruk Dari Game Online........................................ 8
BAB III Kesimpulan................................................................................................ 9
BAB IV Daftar Pustaka.......................................................................................... 10
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita lihat di kota-kota besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi.
Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game.
Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.
Rumusan Masalah
Bedasarkan latar belakang yang ada diatas kami merumuskan masalah yang akan kami bahas yaitu
1. Apa Pengertian dari game Online ?
2. Bagaimana Sejarah dan Perkembangan Game Online ?
3. Apa saja Tipe-tipe Game Online?
4. Bagaimana Dampaknya?
BAB II PEMBAHASAN
PENGERTIAN DARI GAME ONLINE
Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet).
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games).
Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking), jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat
PERKEMBANGAN GAMES ONLINE DI INDONESIA
Menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 20 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia. Berikut adalah game online yang hadirl di Indonesia:
Nama Games | Muncul Tahun | Pemegang Lisensi | Tipe Game | Tipe grapis | Status |
Nexia | 2001 | BolehGame | RPG | 2D | Ditutup thn 2004 |
RedMoon | 2002 | - | RPG | 2,5D | Ditutup thn 2005 |
Laghaim | 2003 | Boleh Game | RPG | 3D | Ditutup thn 2006 |
Ragnarok | 2003 | Lyto | RPG | 3D | Masih |
GunBound | 2004 | Boleh Game | Action RPG | 3D | Masih |
Xian | 2004 | Boleh Game | Strategy RPG | 3D | Masih |
Risk Your Life | 2004 | Dream Web Tech | Action RPG | 3D | Masih |
Tantra | 2004 | Playon | RPG | 3D | Masih |
Survival Project | 2004 | Playon | RPG | 2D | Ditutup thn 2006 |
GetAmped | 2005 | Lyto | RPG | 2,5D | Masih |
Stargate | 2005 | Borneo X | RPG | 2D | Ditutup thn 2006 |
TS | 2005 | Global World Technology | RPG | 2D | Ditutup thn 2008 |
O2jam | 2005 | Infomedia Nusantara | Musical | 3D | Masih |
Pangya | 2005 | Boleh Game | Sport | 3D | Ditutup thn 2008 |
Knight | 2005 | Infomedia Nusantara | RPG | 3D | Ditutup thn 2007 |
Vital Sign | 2005 | - | FPS | 3D | Ditutup thn 2007 |
SEAL | 2006 | Lyto | RPG | 3D | Masih |
RAN | 2006 | Jaspace | RPG | 3D | Masih |
Deco | 2006 | Playon | RPG | 3D | Masih |
AyoDance | 2006 | Maxus Infotech | Musical | 3D | Masih |
DOMO | 2007 | Datakom Wijaya Pratama | RPG | 3D | Masih |
Angle Love | 2007 | WaveGame | RPG | 3D | Masih |
Rising Force | 2007 | Lyto | RPG | 3D | Masih |
Ghost | 2007 | Kreon | RPG | 2D | Masih |
0 komentar:
Posting Komentar